Monday, January 13, 2020

Ada benjolan di ketiak saat hamil

Posted by Eroofa on Monday, January 13, 2020 in | No comments
Benjolan di ketiak saat hamil memang membuat khawatir, itu juga terjadi sama saya, saat hamil saat saya sentuh ketiak serasa ada 3 benjolan di dalam ketiak, saat saya tekan sekitar sebesar bakso. Ketiak serasa pegel, agak takut juga tapi ternyata itu gak apa. Makin besar kehamilan makin besar pula benjolan ya...

Saat ini terjadi adalah saat hamil anak pertama. Awal saya tahu, jujur aja saya sempat takut adanya kelainan pada ketiak saya, awal rada panik juga sih tapi karena ini muncul pas hamil doang, jadi saya tenangkan diri saya. Dan Alhamdulillah setelah bayi lahir, benjolan itu mengecil dan terus mengecil akhirnya hilang. 

Kemudian saat hamil anak ke-2 muncul lagi benjolan 3 biji di dalam ketiak sekitar 3 biji, hamil makin besar maka 3 biji benjolan ini makin besar, saat bayi lahir ukuran mulai mengecil dan hilang. Ternyata emang terjadi tiap hamil bahkan sampai hamil anak ke-4. Karena ini sudah biasa, jadi saya anggap hal yang wajar. Makin gemuk (berat badan makin berat) makin besar pula benjolannya. 

Benjolan paling besar ada saat hamil anak no 1, 5 dan 6. Benjolan paling kecil saat hamil anak no 2 dan 4.

Jadi buat Bunda, jika ada benjolan ini, jangan terlalu khawatir. Siapa tahu ini pengaruh hormon kehamilan, saya sih gak begitu paham soal ini tapi Insya Allah aman dan gak apa-apa. Jangan lupa sering olahrga dan beraktifitas saat hamil yah....

Saya sempat tulis hal ini di Blog saya sebelumnya (yang sudah dihack orang) sampai banyak WA masuk dari para Ibu hamil yang mengalami hal sama, dan ngucapin makasih karena sebelumnya sempet panik. Dan merasa tenang setelah baca tulisan saya katanya.

Karena itu, saya ingin menulis lagi di sini tentang yang menyangkut kehamilan, agar bisa membantu Ibu hamil lainya, Insya Allah.

0 comments:

Post a Comment

Leave Ur message here