Saturday, February 15, 2020

Mengidam

Posted by Eroofa on Saturday, February 15, 2020 in | No comments
Mengidam saat hamil, adalah hal umum yang terjadi sama Ibu hamil. Kalo menurut saya pribadi  (ilmu sok tahu saya) bahwa ngidam itu hanya tindakan penyaringan nutrisi dari si calon bayi dalam rahim ibunya, jadi dia akan otomatis menolak jika tidak sesuai dan menginginkan sesuatu (makanan) yang dibutuhkan. Jadi, secara otomatis, berpengaruh pada tubuh Ibu bayi sehingga kadang memuntahkan makanan, atau bau apa aja merasa muntah, tapi ada keinginan untuk makan makanan tertentu yang bahkan biasanya dia sebelum hamil gak menyukai makanan tersebut.

Sejak saya hamil 4 anak, tiap kehamilan emang beda-beda, muntah-muntah dan apa yang diinginkan saat hamilpun beda-beda. Misal anak pertama, saat hamil malah gak suka makan coklat yang berwarna coklat, bahkan saat ingin makan coklatpun milih coklat putih, minum susu hamil juga yang putih, entah kenapa lihat coklat malah mau muntah. Dan, yang diinginkan juga aneh, telor dadar sama saus tomat. Jadi tiap pagi bikin telor dadar dan enak sekali rasanya saat dimakan, meskipun kadang masih mual dan muntah, tapi pengen makan itu lagi dan lagi. Saya yang gak suka saus tomat, rasanya makanan paling nikmat cuma itu, telor dadar dan saus tomat. 

Dan ngidamnya anak no 1 itu pusing dari pagi sampai jam 1 siang, setelah jam 1 siang baru normal.

Lalu, gak suka makanan warung. tiap bau makanan warung langsung pusing luar biasa. Jadi apapun yang terjadi meskipun sambil muat, harus masak sendiri. Beruntung banget saya ada tips Mengatasi Morning Sickness jadi, bisa mengurangi mual dan siangnya sudah lahap, yang terpenting hidung harus selalu pakai masker, dijaga dari segala bau terutama bau asap baik asap rokok, bakaran sampah atau bensin agar gak pusing. Dan alhamdulillah pakai tips morning sickness, mual-mual mulai hilang dan tetep bisa berangkat ngantor sampai usia 9 bulan.

Untuk anak ke-2 sendiri, kebalikan anak no 1, malah justru suka sekali coklat. Minum susu hamil juga milih yang rasa coklat, trus suka sekali teh susu, jadi teh celup kasih susu kental manis putih. Hamil ke-2 suka yang manis-manis minumannya, sampai mau makan soup buah tiap Ramadhan, padahal sebelumnya gak suka. Dan hamil anak ke-2 ini, pusingnya setelah jam 1 siang sampai menjelang magrib, bisa lemas sekali badan dan kayak mau pingsan. Kadang bahkan muntah setelah jam 1 siang. Tapi Alhamdulillah gak separah hamil anak pertama, karena cuma sebentar.

Untuk hamil no 2 ini, saya yang gak biasa suka sayur asem, jadi suka. Semua makanan yang suami saya suka : sayur asem, sambel pedes, saya jadi suka. Bahkan aslinya saya gak suka makanan terlalu pedes, eh malah pengen makan pedes banget dan sayur asem, terus mangga muda juga. Dan enaknya saat itu di Bali, mangga gak pernah ada habisnya sepanjang tahun, tetangga kontrakan pada datang kasih, kadang sampai terlalu banyak sampai saya bikin manisan dan saya bagi-bagikan lagi setelah manisan jadi.

Hamil anak no 3, saat itu kondisi saya sedang sangat kekurangan ekonomi keluarga, suami nganggur dan semua media buat nyari uang di online rusak, usaha offline belum ada hasil dan numpuk hutang. Dan hamil no 3 selisih juga terlalu deket. Anak no 2 baru umur 6 bulan sudah hamil lagi. Hamil anak no 3 muntah sering malam-malam, tapi kadang mual doang gak sampe muntah. Siang dan sore normal, setelah jam 9 malam perut sakit dan mual. Obatnya malah mudah banget, cuma mie instan kuah dan kasih cabek sampai pedes banget, makan itu aja langsung sembuh. Katanya sih hamil gak bagus makan mie instan, tapi saat itu pengennya itu, dan kondisi keuangan juga gak ada, Alhamdulillah hanya sederhana aja sudah langsung sembuh. Dan anehnya habis minum kuah panas super pedes malah perut sembuh, badan seger dan langsung bisa tidur. Lucu yah?

Hamil anak no 4, Karena anak 3 masih balita dan hamil anak no 4, tentu capeknya extra. Untung aja saat itu suami sudah mulai paham gimana capeknya saya, sehingga mau bantu kerjaan rumah. Di sini juga saya mulai naik ekonominya, penghasilan dari online alhamdulillah lumayan menghasilkan sehingga gak harus memasak, pagi bisa beli soto buat anak-anak saat hamil, malam bisa beli ikan asap dan plecing kangkung. Hamil anak no 4 saya tiap mual minum madu hangat, tapi kadang badan sudah lemes luar biasa dan mungkin karena jagain anak 3, jadinya saya kadang untuk BAB aja saya tahan, akhirnya sakit dan gak bisa BAB sampai beli obat agar bisa BAB. Karena kalo gak bisa BAB, badan keringetan kedinginan persis orang sakit. Saya mulai tahu sebabnya badan ngrekes kedinginan ya karena menahan BAB ini, sampai kadang lemes mau pingsan. Setelah rajin BAB Alhamdulillah sudah gak sering sakit lagi. Tapi dari ke-3 kakaknya, emang anak no 4 ini, saya sering sakit dan meriyang.

Untuk makanan, anak no 4 ini sama kayak anak no 2, pengen makan pedes banget dan beruntung ada tukang rujak Bali deket kontrakan, jadi siang bisa beli rujak mangga kuah pindang dan minum airnya segeeer rasanya :D. 

Hal aneh dari ngidam itu, makan pedes bangetpun gak mencret, dan saya yang gak biasa makan makanan pedes jadi suka. Tapi setelah melahirkan, semua kembali normal mengenai makanan yang saya suka dan gak suka. Apa yang disuka saat hamil, kembali gak suka saat bayi sudah lahir. Aneh yah?

Untuk hamil anak no.5 gimana? Hamil anak no 5 bawaannya masuk angin dan kedinginan terus. hiks. Untuk makanan kayaknya gak ada yang dipilih-pilih, semua bisa makan. Cuma hamil anak no 5 ini yang kurasakan adalah ada pada fisik, yaitu tiap pagi lemaaas luar biasa padahal sudah makan, tapi badan lemeeees sekali, lalu dada sesak dan sakit buat nafas sampai akhirnya sering kerokan, jadi saya rasa cuma masuk angin aja, tapi yah itu tiap 2-3hari sesak nafas sampai rutin kerokan dan badan lemees luar biasa.

Saat ke Dokter, Dokter sih cuma bilang karena melahirkan sudah banyak jadi daya tahan tubuh berkurang, meskipun hati saya menolak apa kata Dokter tapi saya iyakan aja. Trus saya jadi ingat pas hamil anak no 3 dulu gigi ngilu terus, padahal gak makan asem-asem tapi tiap makan ngilu dan gigi serasa pada longgar dan kayak mau lepas aja, Dokter bilang sih dulu itu juga sama : karena hamil banyak, lebih dari 2, terus faktor umur, bla bla bla...padahal saya kan masih muda.

Karena saya gak begitu percaya apa kata Dokter, maka saya sering googling dan cari penyebab "kenapa dada sering sakit dan sesak nafas", dan "kenapa badan lemes luar biasa" ternyata saya menemukan jawabannya di internet bahwa hal itu normal pada trimester awal ibu hamil. Dan sama seperti saat hamil ke-3 dulu yang gigi ngilu, setelah melewati trimester pertama ngilu itu hilang dengan sendirinya, dan yang saat ini pun sudah melewati trimester awal, lemes dan dada sesak sudah hilang dan gak ada keluhan apa-apa. 

Dan tiap hamil memang merasakan hal berbeda, baik secara fisik maupun soal makanan. Untuk hamil no 5 ini, tubuh sepertinya gak mau terima kalo kecapekan, jadi kalo capek rasanya pengen marah-marah, terus tubuh juga gak mau kalo sampe laper, kalo sampe telat langsung bawaannya marah-marah, jadi saya bener-bener harus jaga istirahat, selalu sedia cemilan dan makanan apapun di kulkas, minum jus banyak, madu, infus water, roti, dll harus selalu ada makanan. Untuk istirahat, saat ngantuk ya tinggal kasih mainan ke anak-anak dan saya tidur meskipun sebentar, Alhamdulillah sampai saya terbangun anak-anak gak pergi jauh dan masih asyik mainan di karpet. 

Perubahan fisik hamil no 5 ini sangat berbeda, payudara membesar banget sampai pegel luar biasa pas trimester awal, sampai sering saya kompress pakai air hangat dan tiap hari mandi pake air hangat, dan payudara juga cepet sekali kotor dan terasa kenyal, dan anehnya sudah keluar cairan asi padahal masih trimester awal, terus hamil no 5 ini perut saya luar biasa membesar banget, beda sama anak-anak lainnya. Jadi sekarang baru 6 bulan lebih rasanya kayak sudah 9 bulan, buat jongkok aja sudah sakit, kecapekan dikit kaki kram dan pinggang sakit luar biasa, kaki juga gampang pegel, bayi dalam rahim juga aktif luar biasa kayak sudah 9 bulan aktifnya, saya berjalan sampai kayak membusungkan dada saking besarnya ini perut, buat duduk juga sudah serba salah. hehe...

Oke, segitu dulu tulisan saya, nanti saya akan sambung lewat tulisan "Mitos ngidam" yang akhirnya banyak Ibu hamil yang menurut saya aneh keinginannya, jadi bukan makanan lagi melainkan pengen mobil, pengen rumah, atau perhiasan yang bahkan menyusahkan orang sekitarnya yang sampai maksain nyari sesuatu demi istrinya hamil.




0 comments:

Post a Comment

Leave Ur message here