Sunday, February 12, 2023

Namanya Gibran

Posted by JoVie on Sunday, February 12, 2023 in | No comments


Tak terasa sudah setahun lebih umurnya, dia anak bungsuku yang lahir di awal tahun 2021, dan harus sesar cyto pada usia dia baru 35 minggu dalam kandungan (sesuai hitungan mesin USG).

Anak saya total ada 6, yang 5 lahir normal, tapi yang terakhir ini harus sesar, karena placenta previa menutup full jalan lahir.  Jujur saya takut saat tahu bahwa nantinya akan sesar, tapi bagaimana lagi karena ternyata komplikasi dan emang misal diusahakan normal akan membahayakan saya.

Jadi, saat itu terjadi perdarahan yang ke-2, saya akhirnya sesar cyto. Dan Alhamdulillah lancar, gak ada halangan suatu apa, dan saya juga cepat pulihnya. Jadi H+3 udah pulang dan lipet2 baju, H+4 masak dan mulai mandikan bayi. 

Memang gak segesit melahirkan normal, tapi Alhamdulillah lebih cepat pulihnya dibanding orang lain.

Sebelum saya melakukan operasi, memang saya baca banyak banget referensi, apa aja yang bisa membuat cepat pulih, yang bikin cepat pulih adalah niat, mindset cepet sehat, dan lainnya. 

Jujur saja saya paling takut sesar,  pas pendarahan pertama itu saya dirawat di RS 3 hari untuk penyuntikan paru dan pematangan otak bayi, saya tanya ke Dokter : “Dok, apakah bisa misal normal Dok?” Dokter saya yang luar biasa baik ini bilang “Sangat perjuangan sekali Bu Erol kalau normal, karena ini full menutup jalan lahir”. Dia emang baik dari awal periksa dulu, jadi gak pernah menakuti apapun. Jawaban tiap kata juga sangat terpilih dan menyenangkan pasien.

Nama Dokternya Iswahyudi di Aghisna Medika, dari melahirkan anak ke-4 beliau yang tangani dan saya sering ucapkan doa-doa baik untuknya, karena gak bisa balas jasa-jasanya telah memantau setiap saya hamil sejak anak ke-4, pernah keguguran, kemudian yang Gibran ini. 

Dan, sebelum sesar itu entah mimpi ke berapa saya kayak dibayang-bayangi terus. Pendarahan pertama saat perawatan dan sudah dikasih tahu bakal sesar dan sudah dikasih tanggal 22 Januari harus sesar (3minggu setelahnya). Dan sebelum sesar, mimpi terus saking takutnya sesar, itulah sebabnya saya pakai waktunya untuk baca banyak referensi tentang sesar, saya gak mau baca referensi yang menakutkan kayak efek, akubat buruk dan lainnya tapi hal hal baik yang saya baca, dari penyembuhan, pemulihan, dan lainnya.

Tgl 14 akhitnya pendarahan ke-2 dan harus sesar cyto karena berat bayi cukup dan jika dilanjutkan nunggu tanggal 22 kasihan Ibunya katanya, jadi ya sudah nurut ke dokter. Alhamdulillah lancar jaya.


0 comments:

Post a Comment

Leave Ur message here